LIVE TV
JN Menang Telak, Nahkodai Yayasan Budhi Luhur Kuala Tungkal PT LPPPI Sukses Hidupkan Kawasan Hijau, Panen Semangka “Montok” Bersama Petani Binaan Sijago Merah Ngamuk Lagi Tengah Malam di Pemukiman Warga, Belasan Bangunan Ludes Pelantikan Panwascam Tanjab Barat Berlangsung Khidmat, Ketua Bawaslu : Hari Ini Istimewa Miris, 31 Kali Kebakaran Januari Hingga Oktober 2022 di Tanjabbar

Home / DAERAH JAMBI

Jumat, 4 Agustus 2023 - 16:53 WIB

Jumat Curhat di Pulau Tengah, Kapolres Kerinci AKBP Patria Ingatkan Kades Hati-Hati Gunakan Dana Desa

DEWARTA.COM – Ciptakan kerukunan dan kedamaian di Bumi Sakti Alam Kerinci, Kapolres Kerinci, AKBP Patria Yuda Rahardian, SIK, menggelar acara Jumat Curhat di Pulau Tengah, Keliling Danau, Kerinci.

Acara Curhat Jumat yang dihadiri oleh 18 Kepala Desa, dan berbagai lapisan masyarakat, serta Camat Keliling Danau tersebut berjalan dengan suasana penuh keakraban dan diskusi yang berjalan lancar di Home Stay Talago Paradise, Jumat (04/07/23).

Kapolres AKBP Patria Yuda Rahardian, SIK, beserta pejabat utama polres kerinci didampingi Camat Keliling Danau, As’ari dan Koordinator pelaksanaan, IPTU, Zulkasi, pokok pembicaraan Kapolres membicarakan masalah keamanan di dalam masyarakat yang perlu disadari dan diingat masyarakat.

Adapun ada beberapa yang perlu diperhatikan tersebut, Kata Kapolres, yaitu dengan menyarankan dan mendorong perlu dibuat rencana setiap desa.

Mulai dari rencana membuat Perdes ( Peraturan Desa) tentang lingkungan hidup, larangan penggunaan alat sentrum electrical di sungai sebagai lubuk larangan, dan Perdes tentang jual beli hasil tani seperti kayu manis, mereka disarankan harus dibuat aturan melalui prosedur menggunakan surat izin pembelian dan penjualan yang dikeluarkan oleh pemerintah desa yang nantinya berfungsi untuk meminimalisir pencurian kulit manis

Baca Juga  Bupati Anwar Sadat : Alhamdulillah, Pemkab Tanjab Barat Sembelih 73 Ekor Sapi

Kemudian kapolres menyikapi pertanyaan kepala Desa serta perangkat desa tentang penggunaan anggaran dana desa, beliau menegaskan, bahwa penggunaan dana harus mengikuti aturan berlaku.

“Kalau ada kades yang belum mengetahui cara penggunaan data secara efektif, pihak polres bersedia membantu menyediakan pelayanan Bintek tentang masalah tersebut,” kata Kapolres AKBP Patria Yudha Rahardian.

Selain itu, Kapolres mengingatkan, setiap kepala Desa harus hati-hati menggunakan dana desa, dengan tegas beliau menyampaikan tidak ada kata maaf bagi para kepala desa apabila ada yang “nakal”.

“Termasuk juga dengan anggota saya apabila ada yang coba coba berbuat nakal, saya tidak segan segan mengambil tindakan hukum,” ujar Kapolres.

“Bagi masyarakat yang melihat terjadi sesuatu perbuatan seperti yang saya katakan “nakal”, silakan saja masyarakat melapor ke pihak polres kerinci atau pun langsung kepada saya untuk diambil tindakan dan tentunya laporan tersebut berdasarkan dengan barang bukti yang jelas” tandasnya.

Baca Juga  Dinas PUPR Tanjab Barat Adakan Pelatihan Jasa Konstruksi Diikuti Sebanyak 180 Peserta

Pernyataan Kapolres ini disambut secara antusias oleh seluruh warga Kecamatan Keliling Danau yang hadir pada acara curhat jumat.

Selama ini sebagai aparat penegak hukum, ketegasan beliau diakui oleh anggota masyarakat serta kepala desa di Kecamatan Keliling Danau.

Ini terbukti dari turunnya angka kejahatan pencurian sepeda motor dan, Pencurian kayu manis di kebun kebun milik masyarakat, penggunaan narkoba dan miras, karena gencarnya operasi pemberantasan kejahatan tersebut di wilayah hukum polres kerinci

Usai acara Curhat Jumat yang dimulai dari pukul 8.00 pagi dan berakhir pada pukul 11.30 WIB, selanjutnya dilanjutkan dengan Sholat Jumat bersama masyarakat di Masjid Keramat Desa Pulau Tengah Kerinci. (tim)

Share :

Baca Juga

DAERAH JAMBI

Didampingi Hj Fadhilah Sadat, Bupati Anwar Sadat Hadiri Gebyar PAUD

DAERAH JAMBI

Partai Berkarya Tambah Kekuatan Muklis-Supardi

DAERAH JAMBI

Bupati Tanjabbar Ikuti Roadshow Daring Bersama Menko Bidang PMK Bahas Percepatan Penurunan Stunting

DAERAH JAMBI

Dirawat 3 Hari, Pasien Covid-19 di Tanjabbar Hembuskan Napas Terakhir Hari ini

DAERAH JAMBI

Jenguk Pasien Sakit Jantung di RSUD Daud Arif, Bupati Beri Kartu Berobat Gratis

DAERAH JAMBI

Wujudkan Mall Pelayanan, Bupati Syaratkan Kenyamanan

DAERAH JAMBI

Ajak Usman Ermulan dan Safrial Selesaikan Sengketa Tapal Batas, Alamsyah : Semua Berawal dari Surat Kesepakatan

DAERAH JAMBI

HUT Bayangkara ke-76, Polres Tanjabbar Gelar Kapolres Cup Badminton