LIVE TV
JN Menang Telak, Nahkodai Yayasan Budhi Luhur Kuala Tungkal PT LPPPI Sukses Hidupkan Kawasan Hijau, Panen Semangka “Montok” Bersama Petani Binaan Sijago Merah Ngamuk Lagi Tengah Malam di Pemukiman Warga, Belasan Bangunan Ludes Pelantikan Panwascam Tanjab Barat Berlangsung Khidmat, Ketua Bawaslu : Hari Ini Istimewa Miris, 31 Kali Kebakaran Januari Hingga Oktober 2022 di Tanjabbar

Home / DAERAH JAMBI / POLITIK

Minggu, 8 Januari 2023 - 19:20 WIB

AHY – Jamal : Partai Demokrat Tegaskan Tolak Sistem Pemilu Proporsional Tertutup

DEWARTA.COM – Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Jamal Darmawan Sie, SE, MM kepada wartawan, menegaskan Partai Demokrat sejak awal menolak dengan tegas wacana sistem Pemilu Tertutup Proporsional.

Penegasan tersebut, kata Jamal, disampaikan secara langsung Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) pada pertemuan para pimpinan Partai Politik terkait wacana sistem Pemilu Tertutup Proporsional, di Hotel Dharmawangsa, Jakarta, Minggu (8/1/22).

“Sekali lagi kami menolak sistem Pemilu Tertutup Proporsional, sehingga pertemuan hari ini menjadi penting. Kami mengapresiasi dan mendukung agar pembahasan tentang isu-isu kebangsaan seperti ini juga bisa kita lakukan dari waktu ke waktu,” ujar AHY.

Yang pertama, lanjut AHY, jangan sampai ada hak rakyat dalam kehidupan demokrasi ini yang dirampas. “Jka terjadi sistem pemilu tertutup, maka rakyat tidak bisa memilih secara langsung wakil-wakil rakyatnya. Padahal kita ingin semua menggunakan haknya dan tidak seperti membeli kucing dalam karung. Tentu kita berharap pada saatnya para wakil rakyat dan pemimpin yang terpilih benar-benar yang bisa membawa perubahan dan perbaikan,” lanjut AHY.

Baca Juga  Hadiri Haul di Bram Itam Bersama Wagub, Bupati Sampaikan Hal Ini

AHY berharap sistem terbuka proporsional bisa tetap dijalankan sesuai dengan undang-undang yang berlaku hari ini serta bisa menyambut pesta demokrasi Pemilu 2024 dengan seksama dan berjalan dengan baik.

“Yang kedua, secara internal Partai Politik juga perlu menjaga semangat yang tinggi dari seluruh kadernya, dengan sistem pemilu terbuka proporsional tentu kita berharap setiap kader partai politik juga punya ruang, punya peluang yang adil,” ucap AHY.

“Jangan sampai mereka yang berjibaku, berusaha, berjuang untuk mendapatkan suara kemudian rontok semangatnya karena berubah sistem. Kita ingin sekali lagi, yang terbaiklah yang bisa membawa aspirasi masyarakat luas,” imbuh AHY.

Baca Juga  Bupati Tanjabbar Buka Turnamen Futs dan Bola Voli HUT TNI ke-77

Ketum Partai Politik lain yang menghadiri pertemuan tersebut adalah Ketum Partai Gokar Airlangga Hartarto, Ketum PKB Muhaimin Iskandar, Ketum PKS Ahmad Syaikhu, dan Ketum PAN Zulkifli Hasan. Sedangkan Partai Nasdem diwakili oleh Sekjen Jhonnh G. Plate dan PPP diwakili oleh Waketum Amir Uskara.

Tak jauh berbeda, Ketua DPC Partai Demokrat Tanjung Jabung Barat, Jamal Darmawan Sie, SE., MM, senada dengan Ketum DPP PD menolak sistem proporsional tertutup karena rakyat tidak tau sapa yang mereka pilih.

“Sistem proposional tertutup bukan saja merampas hak masyarakat untuk memilih perwakilan nya yang duduk di legislatif namun merugikan masyarakat,” kata Jamal.

“karena mereka tidak tau siapa yang dipilih serta kedepan tidak ada kedekatan secara emosional dengan Wakil mereka dalam memperjuangkan aspirasi mereka,” pungkasnya. (*/sya)

Share :

Baca Juga

DAERAH JAMBI

Gercep, Kadis Perakim Tunjuk Tim Cek Rumah Warga yang Nyaris Ambruk, Syafrun : Sesuai Perintah Bupati

DAERAH JAMBI

Polres Tanjabbar Musnahkan Ratusan Botol Miras Jelang Malam Tahun Baru

DAERAH JAMBI

Bupati Bersama Kapolres dan Kaban Kesbangpol Canangkan Kampung Bebas Narkoba di Kampung Nelayan

DAERAH JAMBI

Luruskan Soal Tapal Batas, Pimpinan DPRD Tanjab Barat Temui Kemendagri

DAERAH JAMBI

Wakil Ketua DPRD Provinsi Jambi Faizal Riza Segera Turun Cek Proyek Tanggul Parit Tomo

DAERAH JAMBI

Berbagi Kasih Bupati Anwar Sadat dan Umi Dhilah Sadat Beri Sembako Door to door

DAERAH JAMBI

Ahmad Haikal Wakil Ketua DPRD Hadiri Pengukuhan Adat Melayu Desa Nagasari

DAERAH JAMBI

Mantap! Bupati Tanjab Barat Launching Internet Gratis di Ruang Publik