LIVE TV
JN Menang Telak, Nahkodai Yayasan Budhi Luhur Kuala Tungkal PT LPPPI Sukses Hidupkan Kawasan Hijau, Panen Semangka “Montok” Bersama Petani Binaan Sijago Merah Ngamuk Lagi Tengah Malam di Pemukiman Warga, Belasan Bangunan Ludes Pelantikan Panwascam Tanjab Barat Berlangsung Khidmat, Ketua Bawaslu : Hari Ini Istimewa Miris, 31 Kali Kebakaran Januari Hingga Oktober 2022 di Tanjabbar

Home / DAERAH JAMBI / PEMERINTAHAN

Jumat, 22 Oktober 2021 - 16:37 WIB

Bupati Buka Pelatihan Canting Emas

DEWARTA.COM – Bupati Tanjung Jabung Barat Drs. H.Anwar Sadat, M.Ag menghadiri sekaligus membuka acara Pelatihan Membatik bertajuk CANTING EMAS (Ciptakan Batik, Tingkatkan Ekonomi Masyarakat ) program kerjasama Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Barat dengan Petrochina International Jabung LTD Tahun 2021. Kamis (21/10/21).

Acara yang digelar di balai pertemuan kantor bupati tersebut, turut dihadiri oleh pimpinan petrochina international jabung LTD/ yang mewakili, Sekretaris Daerah, Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama dan Administrator di lingkup Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Ketua Komisi III DPRD, Ketua TP-PKK, Ketua GOW, pimpinan BBKB yogyakarta/mewakili, para instruktur pelatihan membatik, Camat Tungkal Ilir, Camat Betara, Camat Kuala Betara, Kepala Desa Tungkal I, Kepala Desa Serdang Jaya, Kepala Desa Sungai Gebar, tenaga kerja sarjana kemnaker RI, peserta pelatihan membatik dan tamu undangan lainnya.

Dalam laporannya, Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Dianda Putra, S.STP, M.SI menyampaikan kegiatan pelatihan membatik ini adalah sebagai tindak lanjut dari arahan Bupati Tanjab Barat dalam kegiatan Launching Manpower Fest I (One) Tahun 2021, yang telah dilaksanakan oleh Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Tanjung Jabung Barat, yakni terkait pelatihan dan pengembangan batik motif khas Tanjung Jabung Barat.

“Kegiatan ini juga merupakan salah satu bentuk realisasi dari penandatanganan MoU Program kerjasama Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Barat dengan Petrochina International Jabung LTD, yang dilanjutkan dengan penyusunan perjanjian kerjasama(PKS), antara dinas tenaga kerja kabupaten tanjung jabung barat dengan petrochina international jabung LTD, dibidang pemberdayaan tenaga kerja lokal” Ujarnya.

Baca Juga  Safari Subuh Masjid Ridhwaniyah, Bupati Serahkan Bantuan Uang dan Paket Sembako

Ditambahkan Dianda, tujuan dari pelaksanaan kegiatan acara ini adalah untuk memberikan keterampilan dan keahlian kepada komponen/kelompok masyarakat dikabupaten tanjung jabung barat, mengurangi angka pengangguran, meningkatkan pemerataan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat, serta menciptakan situasi yang kondusif dan harmonis melalui hubungan kerjasama yang sinergis antara pemerintah kabupaten tanjung jabung barat dengan petrochina international jabung LTD dan masyarakat kabupaten tanjung jabung barat dalam rangka mewujudkan kabupaten tanjung jabung barat berkah.

Sementara itu, Bupati Kabupaten Tanjung Jabung Barat Drs.H.Anwar Sadat, M.Ag dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan yang dilaksanakan pada hari ini adalah sebuah kegiatan aksi nyata sekaligus terobosan, dalam rangka membangun dan mendorong semangat pemberdayaan tenaga kerja lokal yang bermental wirausaha, memiliki keterampilan, dan keahlian guna menciptakan kesempatan dan produktifitas tenaga kerja yang lebih luas sehingga menghasilkan produk lokal yang bernilai ekonomis serta dapat dibanggakan, baik skala lokal, regional, bahkan pada saatnya berskala nasional dan seterusnya.

“Program kegiatan pelatihan membatik bertajuk Canting emas ini saya memfilosofikan bahwa Canting itu terbuat dari aluminium tetapi bisa menghasilkan sesuatu yang bernilai tinggi dan besar, sesuatu yang bernilai tinggi dan besar itu disebut dengan ekonomi . Dan ini merupakan sebuah langkah maju dalam rangka merespon apa yang sudah saya sampaikan pada beberapa bulan yang lalu” Ujarnya

Baca Juga  PT LPPPI Sukses Hidupkan Kawasan Hijau, Panen Semangka "Montok" Bersama Petani Binaan

Menurut Bupati, Kabupaten Tanjung Jabung Barat memiliki potensi-potensi yang bisa dikembangkan, dan menurutnya potensi-potensi itu harus diikuti oleh kebijakan atau regulasi yang memiliki efek manfaat nyata bagi masyarakat.

“Kuala tungkal ini kaya dengan khas nya seperti perkebunan, perikanan, hutan mangrove, kuliner, dan tempat wisata, dan ini merupakan embrio atau simbol-simbol filosofi yang dapat dituangkan kedalam batik yang nantinya akan menjadi batik khas tanjung jabung barat,” ujarnya.

Mengakhiri sambutannya, Bupati menyambut baik dan sampaikan apresiasi sekaligus terima kasih kepada dinas tenaga kerja Kabupaten Tanjung Jabung Barat bersama PetroChina International Jabung dan mitra kerjanya, yang telah berkomitmen dan bekerja sama untuk mewujudkan dan mengoptimalkan penyelenggaraan kegiatan yang positif ini.

Acara dilanjutkan dengan penandatangan perjanjian kerjasama antar dinas tenaga kerja kabupaten tanjung jabung barat dengan pimpinan Petrochina International Jabung Ltd. tentang pemberdayaan dan penempatan tenaga kerja lokal serta penyerahan secara simbolis peralatan membatik dari PT. Petro China international jabung LTD kepada para peserta pelatihan. (mas)

Share :

Baca Juga

DAERAH JAMBI

Patuhi Prokes, Hairan Sama dengan UAS Coblos TPS 04, Didampingi Keluarga

DAERAH JAMBI

Pemkab Tanjabbar Ikuti Musrenbang RKPD Provinsi Jambi

DAERAH JAMBI

Bupati Tanjabbar Didampingi Ketua Dekranasda Tinjau Stand HUT Provinsi Jambi ke -65

DAERAH JAMBI

Brakkk….!! Tiang Listrik Roboh Timpa Rumah Warga Sungai Tiram

DAERAH JAMBI

Bupati dan Wabup Serahkan Bantuan di Lokasi Kebakaran Jalan Panglima

DAERAH JAMBI

PT Lise Permai Sukses Gelar Turnamen Badminton dan Futsal HUT ke-20, Pererat Silaturahmi

DAERAH JAMBI

Bupati Tanjab Barat Tunjukkan Komitmen Dukung Penuh Pelaksanaan Pemilu 2024

DAERAH JAMBI

Wabup Tanjabbar Ikuti Kampanye Stunting dan Penyerahan Bantuan Antropometri