LIVE TV
JN Menang Telak, Nahkodai Yayasan Budhi Luhur Kuala Tungkal PT LPPPI Sukses Hidupkan Kawasan Hijau, Panen Semangka “Montok” Bersama Petani Binaan Sijago Merah Ngamuk Lagi Tengah Malam di Pemukiman Warga, Belasan Bangunan Ludes Pelantikan Panwascam Tanjab Barat Berlangsung Khidmat, Ketua Bawaslu : Hari Ini Istimewa Miris, 31 Kali Kebakaran Januari Hingga Oktober 2022 di Tanjabbar

Home / DAERAH JAMBI

Selasa, 19 Desember 2023 - 15:02 WIB

Bappeda Tanjabbar Sukses Jadi Tuan Rumah Forum TJSLP 2023, Katamso : Naik 8 Persen

DEWARTA.COM – Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Kabupaten Tanjung Jabung Barat menjadi tuan rumah pelaksanaan kegiatan forum tanggung jawab sosial dan lingkungan perusahaan (TJSLP) tahun 2023.

Kegiatan yang digelar di Balai Pertemuan Kantor Bupati Tanjabar, pada Selasa (19/12/23), dengan dihadiri lebih dari 200 orang yang berasal dari pihak perusahaan anggota TJSLP yang menjalin komitmen, unsur Forkopimda, DPRD, para Camat, dan tamu undangan, serta awak media berjalan sukses.

Kepala Bappeda Tanjab Barat, Dr. H. Katamso SA, SE, ME pada sambutannya menyampaikan perkembangan pelaksanaan forum TJSLP sampai dengan semester pertama 2023 ini terdata anggota TJSLP sebanyak 65 perusahaan.

“Ada berkurang satu perusahaan PT Atlas Citra Gemilang (ACG) perusahaan yang bergerak dibidang pertambangan inu sudah tidak aktif lagi karena izin usaha nya sudah habis,” ujarnya.

Katamso menguraikan, terhitung 25 september ada 64 anggota TJSLP yang masih aktif, jenis usaha anggota forum TJSLP ini terdiri dari kelapa sawit, pabrik pengolahan kelapa sawit, bidang jual beli bumi khusus nya pinang bidang usaha HTI, bubur kertas dan kertas, usaha perbankan serta usaha bidang pertambangan sumber daya mineral (batu bara).

Lebih jauh dia menjelaskan capaian realisasi dari hasil rekapitulasi laporan realisasi pelaksana kegiatan TJSLP tahun 2023 ini tercatat sebesar Rp 30.005.626.393. Sejak mulai diselenggarakan TJSLP dari tahun 2012 secara akumulatif sampai tahun ini realisasi pembangunan melalui pendanaan TJSLP perusahaan telah mencapai Rp 191.344.197.048.

Baca Juga  Jelang Pencoblosan Kesbangpol Ajak Jurnalis, LSM dan Ormas Gaungkan Pemilu Damai

Ia menjelaskan, angka realisasi tahun ini ada peningkatan dari tahun 2022 lalu, sebesar 8 persen.

Peningkatan ini, kata Katamso, menunjukkan adanya komitmen yang kuat pihak perusahaan melaksanakan kegiatan TJSLP.

“Besaran realisasi tersebut terlihat dari komitmen PetroChina Jabung LTD mengerjakan pengerasan jalan parit Deli sungai Dungun Kecamatan Kuala Betara menuju batas Kabupaten Tanjung Jabung Timur,” urai Katamso.

Sampai tahun 2022 program TJSLP bisa menjangkau 12 kecamatan, kecuali seberang kota, pertama kali nya dalam sejarah Seberang Kota mendapatkan program TJSLP pada ini.

“Terimakasih Bank 9 Jambi yang telah bersedia berdiskusi untuk mengalokasikan dana TJSLP tahun ini kedua desa di kecamatan seberang kota,” ujar Katamso l.

Pada tahun ini, program TJSLP dilaksanakan tersebar di 83 desa diseluruh kecamatan di Kabupaten Tanjung Jabung Barat. Ini berarti pada tahun 2023 TJSLP dikerjakan di 61,94 persen dari 134 Kelurahan/Desa di Tanjung Jabung Barat meningkat 8 persen dibandingkan tahun lalu.

Namun perlu diingat, lanut Katamso, Bappeda dalam hal ini berperan melaksanakan fungsi fasilitasi, akumulasi, verifikasi dan sinkronisasi saja. Terkait prsetujuan usulan program dan pelaksanaannya sepenuhnya menjadi kewenangan pihak perusahaan atau pihak ketiga yang ditunjuk perusahaan.

Sementara Bupati Tanjab Barat Drs. H. Anwar Sadat M. Ag yang berkesempatan hadir dan sekligus membuka secara resmi Forum TJSLP 2023, yang kali ini mengusung tema Kolaborasi dan sinergi Pemerintah Daerah dengan Badan Usaha Menuju Berkah.

Baca Juga  Wabup Hairan Hadiri Pelantikan Anggota PPS se-Kabupaten Tanjab Barat

Bupati Anwar Sadat menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan setinggi – tingginya kepada para pemimpin perusahaan dan seluruh stake holder yang telah bersedia berkomutmen dan terlibat dalam pelaksanaan TJSLP.

“Sudah sangat banyak program dan kegiatan TJSLP yang terlaksana, semua bidang yang diamanatkan dalam Perda Kabupaten Tanjabbar, nomor 1 tahun 2015 sudah disentuh dan ditangani melalui program TJSLP perusahaan,” kata bupati.

Oleh karena itu, kedepannya nanti, ujar bupati, ia menghimbau agar semua rencana kerja kegiatan TJSLP yang perusahaan laksanakan dapat dikoordinasikan dengan Pemerintah Daerah Tanjung Jabung Barat melalui Bappeda sebagi sekretariat Forum TJSLP.

“Tujuannya adalah supaya maksud kolaborasi program kegiatan yang sinergis dapat tercapai tidak tumpang tindih dan saling melengkapi,” ujar bupati Anwar Sadat

Tidak hanya berhenti di situ, bupati berharap kedepannya untuk selalu berkolaborasi melalui program-program dan kegiatan tanggung jawab social dan lingkungan yang dilaksankan perusahaan.

“Semoga sinergi Pemkab Tanjab Barat mampu menjadi daya ungkit yang kuat dalam rangka kehidupan yang lebih baik, lebih maju dan Berkah,” ujar bupati Anwar Sadat, menyampaikan harapannya. (eng)

Share :

Baca Juga

DAERAH JAMBI

Perseteruan Riano – Hairan, KPU Tanjabbar Akui NasDem Versi Riano

DAERAH JAMBI

Minta Dihadirkan UAS, Ibu Ibu Pengajian Ini Penasaran Dengan Sosok Calon Bupati Tanjabbar, Hj Fadilah : Tak Kenal Maka Tak Sayang

DAERAH JAMBI

Hadiri HUT TNI Ke-76, Ketua DPRD Tanjabbar Ucapkan Dirgahayu TNI

DAERAH JAMBI

Tak Sungkan Kayuh Becak di Tungkal, Al Haris Dinilai Sosok Supel dan Tidak Sok Elit

DAERAH JAMBI

Hidupkan Mesin Politik, Partai Gerindra Siap Wujudkan dan Kawal Kemenangan Anshar

DAERAH JAMBI

Pemkab Siapkan Beragam Kegiatan Meriahkan HUT Tanjabbar ke-57 dan HUT RI ke-77

DAERAH JAMBI

Siap Daftar KPU Muklis Urus SKCK

DAERAH JAMBI

Wabup Hairan Hadiri Pelantikan Anggota PPS se-Kabupaten Tanjab Barat