LIVE TV
JN Menang Telak, Nahkodai Yayasan Budhi Luhur Kuala Tungkal PT LPPPI Sukses Hidupkan Kawasan Hijau, Panen Semangka “Montok” Bersama Petani Binaan Sijago Merah Ngamuk Lagi Tengah Malam di Pemukiman Warga, Belasan Bangunan Ludes Pelantikan Panwascam Tanjab Barat Berlangsung Khidmat, Ketua Bawaslu : Hari Ini Istimewa Miris, 31 Kali Kebakaran Januari Hingga Oktober 2022 di Tanjabbar

Home / DAERAH JAMBI

Rabu, 19 Oktober 2022 - 14:54 WIB

Bappeda Tanjabbar Sukses Gelar Forum Pengelolaan DAS Provinsi Jambi

DEWARTA.COM – Bappeda Tanjab Barat gelar rapat kerja forum koordinasi pengelolaan DAS Provinsi Jambi. Mewakili Bupati Sekda Tanjab Barat Drs. H. Agus Sanusi, M. Si membuka secara resmi Rapat kerja Forum koordinasi Pengelolaan DAS Provinsi Jambi bertempat aula Bappeda Kuala Tungkal, Rabu (19/10/22).

Sebelum rapat dilakukan penanaman bibit pohon meranti, matoa, durian, kelengkeng di halaman mall pelayanan publik bersama komunitas peduli lingkungan.

Forum diskusi DAS kali ini turut dihadiri Ketua Forum DAS Nasional Igre Putra Pratama, Sekda, Kepala Bapeda Provinsi Jambi, ketua komunitas peduli lingkungan dan undangan lainnya dan Kepala Bappeda Tanjabbar sebagai tuan rumah Dr. katamso, SE, ME, yang juga sekaligus sekretaris forum DAS Kabupaten Tanjab Barat.

Sekretaris Daerah dalam sambutannya menyampaikan melalui acara rapat kerja forum pengelolaan DAS Provinsi Jambi Tahun 2022 diharapkan mampu mensinergikan Roadmap kegiatan pengelolaan DAS dan kegiatan Program pembangunan antara wilayah kabupaten dengan wilayah provinsi Jambi.

Baca Juga  Hadiri Rembuk Stunting 2021, Bupati : Fokus Pada Kantong Stunting

“Selain itu, rapat kerja ini bertujuan untuk membangun partisipasi masyarakat khususnya komunitas peduli lingkungan dan sharing informasi kegiatan pengelolaan sungai dan sempadan sungai berbasis ekowisata dan pemberdayaan ekonomi masyarakat,” kata Sekda Tanjabbar, Agus Sanusi.

Berdasarkan peraturan pemerintah Nomor 37 tahun 2012 tentang pengelolaan daerah aliran sungai menyatakan pengertian DAS yaitu suatu wilayah daratan yang merupakan suatu kesatuan dengan sungai dan anak- anak sungai. “Yang berfungsi menampung menyimpan dan mengalirkan air yang berasal dari dari curah hujan ke danau maupun ke laut secara alami,” ujar Sekda

Baca Juga  Mobil Bermuatan Miras di Pelabuhan Roro Diamankan

Sambutan Ketua Forum DAS Provinsi Jambi, Ir Tagor Mulia Nasution, MM, mengutarakan bahwa forum DAS di Provinsi Jambi berkembang dan berjalan dengan baik.

“Kami forum DAS koordinasi cukup bagus. Dan ada di delapan daerah. Persoalan sampah baik di sungai maupun di danau akan kita bahas disini baik solusi maupun dari komunitas. Mari kita bergerak bersama sama untuk melindungi DAS kita,” urai Tagor.

Sementara itu dalam arahan Ketua Forum DAS Nasional IB Putera parathoma mengatakan Forum ini sangat penting sebagai wadah utama sarana mengintegrasikan wacana. Konkritnya kunci kita ada di Desa maupun komunitas. Diharapkan forum DAS bisa bersinergi dengan Pemerintah Daerah sehingga program komunitas bisa seiring berjalan,” tandasnya. (sya)

Share :

Baca Juga

DAERAH JAMBI

Bupati Tanjabbar Ikuti Roadshow Daring Bersama Menko Bidang PMK Bahas Percepatan Penurunan Stunting

DAERAH JAMBI

Bupati Anwar Sadat Safari Jumat di Masjid Al-Muhajirin Desa Tanah Tumbuh

DAERAH JAMBI

Kadis PUPR Tanjabbar Apri Dasman Tegur Rekanan Proyek Jargas

DAERAH JAMBI

Bupati Tanjabbar Resmikan Jembatan Parit Selamat Di Kecamatan Seberang Kota

DAERAH JAMBI

Wabup Hairan Tinjau Pelaksanaan Seleksi Petugas Damkar

DAERAH JAMBI

Perempuan Hamil Kena Tembak di Kuala Tungkal, Dilarikan ke Rumah Sakit

DAERAH JAMBI

Bupati UAS Hadir Haul MT AL Hidayah Desa Teluk Sialang

DAERAH JAMBI

Kado Refleksi 2 Tahun Kepemimpinan UAS Hairan, Tanjab Barat Raih Penghargaan Penurunan Stunting Terbaik