LIVE TV
JN Menang Telak, Nahkodai Yayasan Budhi Luhur Kuala Tungkal PT LPPPI Sukses Hidupkan Kawasan Hijau, Panen Semangka “Montok” Bersama Petani Binaan Sijago Merah Ngamuk Lagi Tengah Malam di Pemukiman Warga, Belasan Bangunan Ludes Pelantikan Panwascam Tanjab Barat Berlangsung Khidmat, Ketua Bawaslu : Hari Ini Istimewa Miris, 31 Kali Kebakaran Januari Hingga Oktober 2022 di Tanjabbar

Home / DAERAH JAMBI

Minggu, 18 Agustus 2024 - 19:54 WIB

Jaga Kelestarian Lingkungan, LSM JPK Ajak Masyarakat dan Perusahaan Cegah Karhutla

DEWARTA.COM – Tingginya kesadaran akan kelestarian lingkungan sangat diperlukan untuk menjaga keseimbangan alam dan manusia.

Hal inilah yang didorong Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Jaringan Pembantu Kewenangan (JPK) Kabupaten Tanjung Jabung Barat (Tanjabbar) dengan mengajak semua pihak termasuk masyarakat dan perusahaan untuk tidak melakukan pembakaran hutan dan lahan (karhutla).

Ketua LSM JPK Tanjabbar, Rahmadi Ariyanto, S.Kom mengatakan kebakaran lahan dan hutan tidak bisa hanya ditangani oleh pemerintah akan tetap perlu adanya dukungan semua pihak termasuk masyarakat dan perusahaan yang ada.

Baca Juga  Soal Temuan BPK, Kepala Inspektorat Tanjab Barat Beri Penjelasan Penting

Selain itu perusahaan yang ada untuk memperkuat sarana dan prasarananya (Sapras) sebagai bentuk pencegahan agar tidak terjadi karhutla.

“Kita harapkan semua pihak ikut bersatu dan saling bahu membahu satu dengan yang lainnya. Peran perusahaan dan masyarakat sangat penting untuk membantu kinerja pemerintah dalam pencegahan maupun penanganan karhutla,” katanya, Minggu (18/8/24).

Rahmat juga menegaskan tidak melarang masyarakat atau perusahaan dalam membuka lahan. Akan tetapi untuk menggunakan metode lainnya selain dengan membakar.

Baca Juga  Wabup Tanjabbar Bersama Kadinkes Ikut Meriahkan HKN ke-58 di Alun-alun Kota Kuala Tungkal

Ketika dengan membakar akan berdampak pada pencemaran udara hingga kerusakan ekosistem dalam tanah dan gambut. Ia berharap semua pihak bisa sinergi dalam penyelesaian persoalan karhutla baik itu pencegahan atau pemadaman.

“Semua tidak bisa berdiri sendiri. Perlu peran serta. Pemerintah punya kewenangan menggunakan kekuatannya, dibantu dengan perusahaan dan masyarakat akan menjadi lebih baik dalam pengendalian, pencegahan dan penanganan karhutla,” pungkasnya. (eng)

Share :

Baca Juga

DAERAH JAMBI

Ketua DPRD Dampingi Bupati Tanjabbar Terima Penghargaan WTP dari BPK RI

DAERAH JAMBI

Pengamat Politik Jambi As’ad Isma Nilai Mundur dari Kursi Legislatif dan Maju Pilkada Pilihan Politik Cerdas

DAERAH JAMBI

Polres Tanjab Barat Gagalkan Penyelundupan Baby Lobster Senilai Rp 7,5 Miliar Tujuan Singapura

DAERAH JAMBI

Wakil Bupati Tanjab Barat Buka Secara Resmi Raimuna Cabang Tahun 2023 di Tungkal Ulu

DAERAH JAMBI

Pembukaan Porprov Jambi ke XXIII, Bupati Anwar Sadat Pompa Semangat Atlet Tanjab Barat

DAERAH JAMBI

Ribuan Pelampung Dibagikan Pada Hari Bhayangkara ke-78, Bupati Tanjabbar Beri Apresiasi

DAERAH JAMBI

Bupati dan Wabup Targetkan Perbaikan Jembatan Halte Pengabuan Ini di APBDP

DAERAH JAMBI

Bupati Anwar Sadat Pimpin Rapat Percepatan Pelaksanaan Program Tahun 2022