•   LIVE TV
Kunjungi Korban Kebakaran, Bupati Anwar Sadat Ikut Prihatin dan Serahkan Bantuan Tutup Festival Arakan Sahur, Bupati Ceritakan Kenangan Masa Kecil Safari Ramadhan Betara Kiri, Bupati Paparkan Peruntukkan Zakat dari TPP Polres Tanjabbar Gelar Apel Operasi Ketupat Idul Fitri 1443H Bupati Anwar Sadat Sidak, Harga Sembako di Tungkal Stabil

Home / DAERAH JAMBI / PEMERINTAHAN / RELIGI

Jumat, 5 Februari 2021 - 08:42 WIB

Jum’at Perdana di Masjid Syaikh Utsman, Bupati Ajak Makmurkan Masjid

DEWARTA.COM – Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Barat melalui Bupati Dr. Ir. H. Safrial, MS bersama seluruh lapisan Masyarakat Tanjab Barat Shalat Jum’at Perdana di Masjid Syaikh Utsman Tungkal di Desa Tungkal I, Kecamatan Tungkal Ilir, Jum’at (5/2/2021).

Sebelum pelaksanaan Shalat Jum’at kepada Jamaah yang hadir Bupati H. Safrial, Ms menyampaikan, bahwa dalam ajaran Islam, Masjid merupakan sebaik – baik tempat dimuka Bumi ini.

Sejarah Rasulullah, mendirikan Masjid adalah satu dari 7 (tujuh) langkah strategis yang dilakukan Nabi Muhammad, S. A. W, dalam membangun masyarakat madani, dan juga bertujuan untuk mewujudkan kesejahteraan dan ketertiban sosial melalui kajian – kajian keagamaan serta memberikan dakwah yang bersifat menyejukkan dalam praktek kehidupan sehari – hari.

Baca Juga  Perwakilan Mahasiswa Ini Nilai UAS-Hairan Paling Layak Pimpin Tanjabbar

“Meski dalam kehidupan sehari – hari Masjid sering diartikan sebagai tempat shalat untuk umat muslim, namun Masjid juga memiliki peranan penting untuk membangun karakter serta indentitas kebudayaan Umat muslim,” kata Bupati.


Oleh karena itu sambung Bupati, Masjid memiliki beragam fungsi untuk kemaslahatan Umat Islam dalam menjalani kehidupan sehari – hari. “Tentunya fungsi Masjid yang paling utama ialah sebagai tempat Ibadah, khususnya shalat,” jelasnya.

“Hari ini (jum’at, red) bertepatan dengan tanggal 23 Jumadil Akhir 1442 Hijriyah, kita melaksanakan shalat jum’at berjamaah di Masjid ini. Insya Allah Masjid Syaikh Utsman Tungkal menjadi salah satu Masjid kebanggaan Masyarakat Kabupaten Tanjung Jabung Barat,” harapnya.

Baca Juga  Bawa Kesejukan, UAS Disambut Baik di Pematang Lumut, Warga : Insyaallah Kami Nomor 2

Dalam kesempatan itu pula Safrial berharap, secara bersama – sama memakmurkan Masjid Syaikh Utsman Tungkal dan menjadikannya sebagai pusat kebudayaan dan pengetahuan, kajian ilmu serta ajaran Islam.


“Bukan hanya mendirikannya saja, namun tanggung  jawab besar bagi kita bersama adalah, untuk memakmurkannya sehingga Masjid Syaikh Utsman Tungkal ini Insya Allah dapat memancarkan cahaya Islam, menyebarkan nilai – nilai Persatuan dan kesatuan serta persaudaraan,” ujar Safrial. (sya)

Share :

Baca Juga

DAERAH JAMBI

Diusung PDIP, Mulyani, Ratu dan Mahdan Diundang Sekolah Kepartaian, Mulyani : Ini Berkat Dukungan Keluarga dan Teman

DAERAH JAMBI

Komisi II Gelar Rapat Mediasi Sengketa Lahan Kelompok Tani dengan Perusahaan

PEMERINTAHAN

Wabup Hairan Disambut Hangat dan Diajak Diskusi di Indragiri Hilir

DAERAH JAMBI

Bupati dan Umi Dhilah Berbagi Rezeki di Bulan Muharram

DAERAH JAMBI

Bupati Tanjabbar Dipercaya jadi Khatib Masjid Agung di Riau

DAERAH JAMBI

Jenguk Pasien Sakit Jantung di RSUD Daud Arif, Bupati Beri Kartu Berobat Gratis

DAERAH JAMBI

Sakit Hati, Paman Tikam Keponakan yang Masih Duduk di Bangku Sekolah

DAERAH JAMBI

Anggaran Paling Besar Rp 20 M, KPU Tanjabbar Pilih Debat Kandidat di Balai Kantor Bupati, Bukan SwissBell Hotel