LIVE TV
JN Menang Telak, Nahkodai Yayasan Budhi Luhur Kuala Tungkal PT LPPPI Sukses Hidupkan Kawasan Hijau, Panen Semangka “Montok” Bersama Petani Binaan Sijago Merah Ngamuk Lagi Tengah Malam di Pemukiman Warga, Belasan Bangunan Ludes Pelantikan Panwascam Tanjab Barat Berlangsung Khidmat, Ketua Bawaslu : Hari Ini Istimewa Miris, 31 Kali Kebakaran Januari Hingga Oktober 2022 di Tanjabbar

Home / DAERAH JAMBI

Sabtu, 3 Desember 2022 - 20:56 WIB

Bupati UAS Hadiri Bimtek ARKAS Tahun Anggaran 2023

DEWARTA.COM – Bupati Tanjung Jabung Barat Drs. H. Anwar Sadat, M.Ag (UAS) hadiri acara kegiatan Bimbingan Teknis Aplikasi Rencana Kegiatan Dan Anggaran Sekolah (ARKAS) Tahun Anggaran 2023 di Aula Abadi Hotel dan Convention Center Jambi, Sabtu (03/12/22).

Plt. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tanjung Jabung Barat H. Dahlan, S.Sos, MM, tujuan kegiatan ini guna mensosialisasikan sistem aplikasi rencana kegiatan dan anggaran sekolah (ARKAS).

Agar satuan pendidikan dapat menggunakannya secara mahir dalam menyusun perencanaan anggaran, penatausahaan, dan pelaporan. Selain itu juga dalam mengoptimalkan penggunaan sistem aplikasi ARKAS untuk pengelolaan dana bos sehingga memudahkan sekolah dan dinas dalam membuat laporan keuangan.

“Pada hari ini peserta yang mengikuti kegiatan ini berjumlah 289 orang yang terdiri dari 201 kepala sekolah dasar negeri, 15 kepala sekolah dasar swasta, dan 58 kepala sekolah SMP negeri serta 8 kepala sekolah SMP swasta. Serta kegiatan ini dilaksanakan selama 3 hari pada tanggal 2-4 Desember 2022 yang bertempat di hotel Abadi dan Covention Center Jambi,” tuturnya.

Baca Juga  Bupati Anwar Sadat Pamerkan Produk Unggulan Tanjab Barat di Jakarta

Sementara Bupati Tanjung Jabung Barat Drs. H. Anwar Sadat, M.Ag dalam sambutannya sampaikan bahwa pendidikan merupakan kunci utama suatu negara untuk bisa maju, dimana pendidikan harus mampu mentransformasikan sumber daya manusia untuk menjadi produktif, kreatif, inovatif, dan tangguh.

Ditambahkannya, sebagai wujud komitmen terhadap hal tersebut pemerintah pusat telah memberikan alokasi anggaran yang cukup besar untuk pendidikan. Salah satunya melalui program dana bos yang bertujuan untuk menyokong pendanaan biaya operasional bagi satuan pendidikan dengan bersumber dari dana alokasi khusus (DAK) non fisik.

Baca Juga  Penutupan Masa Kampanye, UAS Doakan Kebaikan dan Keselamatan Warga Tanjabbar

“Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Barat menaruh perhatian serius terhadap bidang pendidikan sesuai visi misi kami selaku pemimpin daerah, tepatnya misi yang pertama yaitu peningkatan kualitas sumber daya manusia yang beriman, berilmu, dan berakhlak, ” ujarnya.

“Dengan adanya bimtek ini saya berharap informasi tentang pengelolaan dana BOS dapat dipahami dan dilaksanakan oleh para penanggung jawab bos ditingkat satuan pendidikan sehingga tercipta persepsi yang sama serta memiliki pemahaman yang benar dalam pengelolaan dana yang berpedoman pada ketentuan yang berlaku,” tutupnya.

Turut dihadiri Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Asisten Administrasi Umum, Inspektur, Kepala Bappeda, Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, para kepala sekolah SD dan SMP negeri maupun swasta selaku peserta bimtek, dan undangan lainnya. (mas)

Share :

Baca Juga

DAERAH JAMBI

M Adib Mubarak Terpilih Pimpin Karang Taruna Tanjab Barat

DAERAH JAMBI

PKS Beberkan Alasan Dukung UAS, Hasil Survey Tinggi dan Alasan Ini Rupanya

DAERAH JAMBI

Bayi Mungil Ini, Gratis Naik Kapal Seumur Hidup

DAERAH JAMBI

Partai Berkarya Tambah Kekuatan Muklis-Supardi

DAERAH JAMBI

Polres Tanjab Barat Ringkus Dua Pelaku Penimbun BBM Subsidi

DAERAH JAMBI

Wujudkan Mall Pelayanan, Bupati Syaratkan Kenyamanan

DAERAH JAMBI

Paripurna Pengucapan Sumpah Ketua DPRD Sisa Masa Jabatan tahun 2019 – 2024 Berjalan Lancar

DAERAH JAMBI

Tolak Kepemimpinan Hairan, Kader NasDem Mulai Mundur, Dedi : Dia Bukan Kader