LIVE TV
JN Menang Telak, Nahkodai Yayasan Budhi Luhur Kuala Tungkal PT LPPPI Sukses Hidupkan Kawasan Hijau, Panen Semangka “Montok” Bersama Petani Binaan Sijago Merah Ngamuk Lagi Tengah Malam di Pemukiman Warga, Belasan Bangunan Ludes Pelantikan Panwascam Tanjab Barat Berlangsung Khidmat, Ketua Bawaslu : Hari Ini Istimewa Miris, 31 Kali Kebakaran Januari Hingga Oktober 2022 di Tanjabbar

Home / DAERAH JAMBI / POLITIK

Selasa, 20 Oktober 2020 - 13:09 WIB

Dua Santri Ini UAS-Hairan Bergandengan Tangan Maju Pilbup Tanjabbar, Anda Beruntung

DEWARTA.COM – Melalui proses lika-liku perjalanan cukup panjang, akhirnya dua orang berlatar belakang sama santri, Drs KH Anwar Sadat, M.Ag – Hairan, SH bergandengan tangan maju Pilkada Tanjab Barat 2020 mengusung visi misi BERKAH.

Keduanya maju dengan diusung dua Partai Politik bernafaskan Islam (Relijius) dan Nasionalis, yakni PKS, PAN dan Gerindra. Makanya tak heran jika pergerakan tim pemenangan Ustad KH Anwar Sadat (UAS) – Hairan (Anshar) sangat kentara semangat Nasionalisme Relijius.

Hal ini terlihat pada komitmen Tim Pemenangan dan Relawan yang menolak janji muluk-muluk, kampanye hitam, dan money politik.

Hal ini berulang-ulang diutarakan KH Anwar Sadat, jangan sampai berjanji yang sekiranya tidak bisa ditepati, dan berbuatlah sungguh-sungguh untuk kebaikan umat manusia khususnya warga Kabupaten Tanjung Jabung Barat. Karena sadar akan dimintai pertanggungjawaban di hadapan Tuhan.

“Kita jangan sampai berjanji ke masyarakat, tapi akhirnya tidak bisa menepati. Kita akan ditanyakan di hadapan Allah apa yang sudah kita perbuat,” ujar KH Anwar Sadat yang juga merupakan putra tokoh sufi Tanjabbar Syekh Muhammad Ali Bin Syekh Abdul Wahab.

KH. Anwar Sadat, yang lahir di Kualatungkal tepat pada tanggal 21 Januari 1966, bukan seorang santri biasa, ia merupakan putra pengasuh Pondok Pesantren Albaqiyatus Shalihat, Syekh Muhammad Ali Bin Syekh Abdul Wahab mursyid tarekat Qodiriyah wa Naqsabandiyah.

KH Anwar Sadat yang akrab disapa UAS ini memiliki Istri bernama Hj Fadhilah dan dikaruniai lima orang anak, dua prempuan tiga laki-laki.

UAS merupakan salah satu alumni SD MHI Kualatungkal, MTs PHI Kualatungkal, dan MA PHI Kualatungkal. Jebolan dari S1 Fakultas Ushuluddin IAIN STS Jambi dan Alumni S2 Falkutas IAIN Sumatera Utara ini, dan sempat menicicip bangku perkuliahan studi doktor di Yogyakarata, sebelum melangkahkan kakinya ke dunia politik, UAS pernah bergulat dengan dunia pendidikan dengan menjadi Dosen Pengajar di IAIN/UIN Sulthan Thaha Saifudin Jambi Fakultas Ushuluddin dari 1993 – 2015.

Baca Juga  Dukungan Parpol Cukup, Muklis - Supardi Siap Daftar KPU Tanjabbar

Berkat kegigihanya, ketekunannya dan keuletannya dalam menimba ilmu. Karirnya pun semakin cerah.

Setelah sekian tahun mengabdikan dirinya sebagai Dosen di Universitas ternama di provinsi Jambi itu, UAS pun melanjutkan karirnya terjun kedunia politik. Berbekal ilmu yang dimilkinya dengan diiringi dengan kepribadinya yang besahaja tersebut, karir bapak lima anak ini pun terus melejit, bahkan terpilih menjadi Anggota DPRD Provinsi Jambi dari Partai PAN Dapil Tanjab Barat – Tanjab Timur dengan perolehan suara peringkat kedua terbesar se-Provinsi Jambi.

Pria yang dikenal Agamis dan mudah bergaul ini pun masuk dalam Komisi l bidang pemerintah DPRD Provinsi Jambi, yang kemudian terpilih juga sebagai ketua badan kehormatan (BK) DPRD Provinsi Jambi.

Tidak hanya sebatas itu, setelah digali lebih dalam lagi, ternyata KH Anwar Sadat juga pernah mengabdikan dirinya sebagai pengasuh pondok pesantren Al-Baqiyatush Sholihat Kualatungkal dan aktif juga dalam sejumlah organisasi, diantaranya ketua PW LKKNU Provinsi Jambi, Dewan pakar ISNU Provinsi Jambi, Dewan penasehat PW IKA PMII Provinsi Jambi dan Pembina Majelis Ash-Shahabah Jambi serta pembina Majelis Zikir wal IImi Al-Anwar Jambi.

Tak jauh berbeda, Calon Wakil Bupati Hairan pernah menempa ilmu di Tanah Jawa di Pondok Pesantren Wali Songo. Sebagai santri Hairan juga menunjukan sikap santun dan bersahaja, mudah bergaul dengan siapa saja, tanpa terkesan dibuat-buat.

Hairan yang merupakan politisi muda potensial asal Tanjab Barat yang dilahirkan dari keluarga sederhana di Dusun Mudo 22 Maret 1978. Ia memulai karirnya sebagai Kepala Desa dua periode, pertama diamanahkan masyarakat sebagai kepala Desa Dusun Mudo, selanjutnya setelah terjadi pemekaran Desa Dusun mudo beliau kembali dipercaya mengemban amanah masyarakat sebagai Kepala Desa Lubuk Sebontan.

Baca Juga  Pasca KPU Tetapkan 3 Paslon, Bawaslu Ingatkan Soal Netralitas Kepala Daerah, ASN, BUMD, Camat Hingga Kades

Seiring perjalanan waktu berkat keuletan, dan ketekunannya dalam menjalankan roda pemerintahan Desa yang ia nakhodai. Perlahan namun pasti masyarakat pun memilihnya sebagai wakil rakyat duduk di kursi DPRD Tanjab Barat Periode 2019 – 2024.

Rupanya takdir karir politik Hairan tidak hanya berhenti di situ, dengan restu keluarga, para tetua dan masyarakat, kini ia kembali diberi amanah untuk maju ke jenjang yang lebih tinggi maju di Pilbup Tanjab Barat mendamping KH Anwar Sadat sebagai pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Tanjab Barat mendatang periode 2021 – 2024.

Bapak 3 anak dari pasangan Uni Yati ini diakui warga sebagai sosok yang baik sosok, rajin bersilaturahmi dan dikenal ramah.

“Pak Hairan itu sering membantu dan bersilaturahmi sama masyarakat,saya nilai orangnya baik, sifat sosialnya tinggi hobi membantu, saya doakan pak Hairan terpilih jadi wakil Bupati,” ucap warga Muarapapalik, Yani.

Rekan sejawat UAS di kursi DPRD Provinsi Jambi, Faizal Riza mengatakan, Tanjabbar beruntung jika punya pemimpin seperti UAS – Hairan.

“Latar belakang dua orang ini sangat jelas, sama-sama santri artinya mereka terdidik dengan baik. Baik itu secara intelektual maupun moral spiritual. Apalagi UAS beliau sosok yang lengkap, tuan guru, akademisi dan politisi. Begitupun Hairan politisi dan teruji punya jiwa kepemimpinan yang baik, tandas Faizal Riza. (sya)

Share :

Baca Juga

DAERAH JAMBI

Berbagi Kasih, SPBU Muntialo Bagi-Bagi Takjil Ke Ratusan Konsumen

DAERAH JAMBI

Bupati UAS Buka TC Kafilah MTQ Tanjab Barat

DAERAH JAMBI

Ketua DPC Gerindra, Faizal : Sosok UAS Itu Lengkap, Guru dan Politisi

DAERAH JAMBI

Didukung Massa Militan Anshar di Pengabuan, Warga : Tuan Guru Tenang Saja..

DAERAH JAMBI

Pemkab Tanjabbar Kembali Gelar Pengajian Rutin Jumat BERKAH

DAERAH JAMBI

CE Doakan Cici Jadi Bupati, Dukungan Golkar Justru Pindah ke Pasangan Mulyani – Amin

DAERAH JAMBI

Hadiri HUT TNI Ke-76, Ketua DPRD Tanjabbar Ucapkan Dirgahayu TNI

DAERAH JAMBI

Jawab Kritikan, H Assek : Untuk Apa Cerita Besar, Kalau Yang Kecil Tidak Selesai