LIVE TV
Kunjungi Korban Kebakaran, Bupati Anwar Sadat Ikut Prihatin dan Serahkan Bantuan Tutup Festival Arakan Sahur, Bupati Ceritakan Kenangan Masa Kecil Safari Ramadhan Betara Kiri, Bupati Paparkan Peruntukkan Zakat dari TPP Polres Tanjabbar Gelar Apel Operasi Ketupat Idul Fitri 1443H Bupati Anwar Sadat Sidak, Harga Sembako di Tungkal Stabil

Home / DAERAH JAMBI

Sabtu, 2 Oktober 2021 - 12:36 WIB

Bupati dan Ketua TP PKK Ajak Lestarikan Batik Khas Tanjabbar

DEWARTA.COM – Bertepatan dengan Hari Batik Nasional yang diperingati setiap tanggal 2 Oktober, Bupati Tanjung Jabung Barat, Drs. H. Anwar Sadat M.Ag, secara khusus sampaikan ucapan selamat hari batik nasional.

Bupati dan Ketua TP PKK Umy Hj. Fadhilah Sadat yang kerap terlihat memakai batik dalam berbagai kesempatan itu juga mengungkapkan jika batik sudah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat Indonesia, termasuk di Tanjung Jabung Barat sendiri.

“Hampir semua daerah di Indonesia memiliki corak khas masing-masing, yang tentunya memiliki filosofi tersendiri,” ujarnya, Sabtu (02/10/21).

“Di daerah kita pun juga begitu, Tanjung Jabung Barat juga memiliki motif atau corak khasnya sendiri, seperti kopi liberika, udang ketak, buah pidada, dan lainnya, dan semua itu juga memiliki arti setiap coraknya,” jelasnya.

Baca Juga  DPRD Tanjab Barat Gelar Paripurna ke-empat Perubahan APBD TA 2021

Bupati juga mengaku bahwa Pemkab Tanjab Barat terus berupaya dalam pengembangan batik di Tanjab Barat. Seperti diketahui, beberapa waktu lalu, pihaknya melalui Diskoperindag telah melaunching batik khas Tanjab Barat. Menurutnya, hal itu merupakan upaya Pemkab dalam melestarikan, mengembangkan, serta mempromosikan batik produksi UMKM di daerahnya.

Tidak hanya sampai disitu, melalui Peraturan Bupati ia mewajibkan setiap instasi/OPD memakai Batik khas Tanjab Barat setiap hari Kamis. Selain sebagai promosi batik Tanjab Barat, Hal ini juga dilakukan sebagai upaya mendongkrak ekonomi pembatik di Tanjab Barat.

Baca Juga  Wabup Cek Kondisi Jalan Parit Bonasim ke Teluk Ketapang

“Kita akan upayakan terus, bagaimana batik khas kita ini bisa terus berkembang dan dikenal, kita akan promosikan terus, event MTQ di Tanjab Barat ini juga salah satu peluang bagus untuk mempromosikan batik kita,” ujarnya.

“Sekali lagi, Selamat Hari Batik Nasional, Mari kita sama-sama melestarikan batik, khususnya batik khas kita Tanjung Jabung Barat,” pungkasnya. (mas)

Share :

Baca Juga

DAERAH JAMBI

Penutupan Masa Kampanye, UAS Doakan Kebaikan dan Keselamatan Warga Tanjabbar

DAERAH JAMBI

UAS Bicara Keberhasilan Pembangunan : Harus dengan Niat Baik dan Jangan Janji Muluk-muluk

DAERAH JAMBI

Warga Malam Ini Serbu dan “Kepung” Warkop H Mael, Duduk Ngopi Bareng Cabup UAS

DAERAH JAMBI

Buka MTQ Ke-IX Tingkat Kelurahan Tebing Tinggi, Bupati Harapkan Lahir Generasi Cinta Al-Quran

DAERAH JAMBI

Geger, Warga Temukan Bayi Mengapung di Pelabuhan TPI Tanjabbar

DAERAH JAMBI

Wabup Hairan Tinjau Pelaksanaan Seleksi Petugas Damkar

POLITIK

Dipaksa Tetap Usung Cici – Jalil, Faisal Ngaku Lobi Kandidat Lain

DAERAH JAMBI

Bupati Perintahkan PNS dan Honorer Netral Urusan Politik Pilkada