LIVE TV
JN Menang Telak, Nahkodai Yayasan Budhi Luhur Kuala Tungkal PT LPPPI Sukses Hidupkan Kawasan Hijau, Panen Semangka “Montok” Bersama Petani Binaan Sijago Merah Ngamuk Lagi Tengah Malam di Pemukiman Warga, Belasan Bangunan Ludes Pelantikan Panwascam Tanjab Barat Berlangsung Khidmat, Ketua Bawaslu : Hari Ini Istimewa Miris, 31 Kali Kebakaran Januari Hingga Oktober 2022 di Tanjabbar

Home / DAERAH JAMBI

Sabtu, 2 Oktober 2021 - 12:36 WIB

Bupati dan Ketua TP PKK Ajak Lestarikan Batik Khas Tanjabbar

DEWARTA.COM – Bertepatan dengan Hari Batik Nasional yang diperingati setiap tanggal 2 Oktober, Bupati Tanjung Jabung Barat, Drs. H. Anwar Sadat M.Ag, secara khusus sampaikan ucapan selamat hari batik nasional.

Bupati dan Ketua TP PKK Umy Hj. Fadhilah Sadat yang kerap terlihat memakai batik dalam berbagai kesempatan itu juga mengungkapkan jika batik sudah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat Indonesia, termasuk di Tanjung Jabung Barat sendiri.

“Hampir semua daerah di Indonesia memiliki corak khas masing-masing, yang tentunya memiliki filosofi tersendiri,” ujarnya, Sabtu (02/10/21).

“Di daerah kita pun juga begitu, Tanjung Jabung Barat juga memiliki motif atau corak khasnya sendiri, seperti kopi liberika, udang ketak, buah pidada, dan lainnya, dan semua itu juga memiliki arti setiap coraknya,” jelasnya.

Baca Juga  Hari Perempuan Internasional, APP Sinar Mas Gandeng Pijar Foundation - EdHeroes Berdayakan Perempuan Sektor UMKM

Bupati juga mengaku bahwa Pemkab Tanjab Barat terus berupaya dalam pengembangan batik di Tanjab Barat. Seperti diketahui, beberapa waktu lalu, pihaknya melalui Diskoperindag telah melaunching batik khas Tanjab Barat. Menurutnya, hal itu merupakan upaya Pemkab dalam melestarikan, mengembangkan, serta mempromosikan batik produksi UMKM di daerahnya.

Tidak hanya sampai disitu, melalui Peraturan Bupati ia mewajibkan setiap instasi/OPD memakai Batik khas Tanjab Barat setiap hari Kamis. Selain sebagai promosi batik Tanjab Barat, Hal ini juga dilakukan sebagai upaya mendongkrak ekonomi pembatik di Tanjab Barat.

Baca Juga  Bersepeda Motor Bupati UAS Blusukan Cek Kondisi Jalan Rusak

“Kita akan upayakan terus, bagaimana batik khas kita ini bisa terus berkembang dan dikenal, kita akan promosikan terus, event MTQ di Tanjab Barat ini juga salah satu peluang bagus untuk mempromosikan batik kita,” ujarnya.

“Sekali lagi, Selamat Hari Batik Nasional, Mari kita sama-sama melestarikan batik, khususnya batik khas kita Tanjung Jabung Barat,” pungkasnya. (mas)

Share :

Baca Juga

DAERAH JAMBI

Jalan Licin Kendaraan Terjebak di Jembatan Sugeng

DAERAH JAMBI

Safari Jumat Berkah, Bupati Beri Perhatian Kebutuhan Petani

DAERAH JAMBI

Ketua Dekranasda Provinsi Jambi Puji Pemkab dan Dekranasda Tanjabbar Berhasil Kembangkan Batik Lokal

DAERAH JAMBI

Hari Ini, Vaksinasi di Rumah Dinas Bupati Bagikan Seribu Liter Minyak Goreng

DAERAH JAMBI

Bupati UAS Pimpin Upacara Hari Santri

DAERAH JAMBI

Konferensi Pers, UAS : Terima kasih Banyak Semuanya, Mari Sama-sama Kita Bangun Tanjabbar Berkah

DAERAH JAMBI

Gercep, Kadis Perakim Tunjuk Tim Cek Rumah Warga yang Nyaris Ambruk, Syafrun : Sesuai Perintah Bupati

DAERAH JAMBI

Warga Teluk Ketapang Sambut Kedatangan UAS-Hairan dengan Pantun Kemenangan, Cakep……!!