LIVE TV
Kunjungi Korban Kebakaran, Bupati Anwar Sadat Ikut Prihatin dan Serahkan Bantuan Tutup Festival Arakan Sahur, Bupati Ceritakan Kenangan Masa Kecil Safari Ramadhan Betara Kiri, Bupati Paparkan Peruntukkan Zakat dari TPP Polres Tanjabbar Gelar Apel Operasi Ketupat Idul Fitri 1443H Bupati Anwar Sadat Sidak, Harga Sembako di Tungkal Stabil

Home / DAERAH JAMBI / POLITIK

Minggu, 6 Desember 2020 - 18:48 WIB

Lahirkan Pemimpin Hebat, Ajak Masyarakat Tolak Money Politik

DEWARTA.COM – Pesta demokrasi pemilihan kepala daerah secara serentak tinggal menghitung hari. Tiga hari lagi. Biasa orang menyebutnya sebagai minggu tenang.


Sekretaris FORHATI Muarojambi Masruryati,SH.,M.Kn di dalam momen pesta demokrasi ini mengajak kepada masyarakat untuk menciptakan pemilu damai dan bebas dari money politik (politik uang).


“Sepertinya sudah menjadi budaya masyarakat kita, setiap akan pencoblosan pasti yang dibicarakan berapa serangan fajar,” katanya, Minggu (6/12/20).


Lebih lanjut Wakil Sekretaris bidang Hukum DPD KNPI kabupaten Tanjung Jabung Barat ini  menambahkan bahwa memberi dan menerima itu sangsinya pidana.

Baca Juga  Debat Publik Pilkada Tanjabbar Berjalan Lancar dan Alot Paparkan Visi Misi


Ini sebagaimana yang sudah diatur oleh UU pilkada Nomor 10 tahun 2016 pasal 187A dijelaskan bahwa, setiap orang yang dengan sengaja melakukan perbuatan melawan hukum menjanjikan atau memberikan uang atau materi lainnya sebagai imbalan kepada warga negara Indonesia baik secara langsung ataupun tidak langsung untuk mempengaruhi pemilih agar tidak menggunakan hak pilih, menggunakan hak pilih dengan cara tertentu sehingga suara tidak sah.

Baca Juga  Wabup Hairan Tinjau Pelaksanaan Seleksi Petugas Damkar


“Ya, jelas sudah di atur oleh UU tentang Pilkada, bahwa sanksi bagi pelaku money politik dengan pidana paling singkat 36 bulan dan paling lama 72 bulan atau denda paling sedikit Rp 200 juta dan paling banyak Rp 1 Miliar.


Rury mengingatkan kepada masyarakat jangan sampai suara kita tergadaikan selama 5 tahun dengan uang yang nilainya tidak seberapa.


Ciptakan pilkada bersih, setop money politik. Supaya lahirkan pemimpin yang dapat membangun daerah. (*)

Share :

Baca Juga

DAERAH JAMBI

Usung Agenda Besar ‘Panca Misi’, Politisi Muda dari Ulu Ini Sebut Butuh Peran Masyarakat Mewujudkannya

DAERAH JAMBI

Dikenal Santun, Satria Tubagus Dipercaya Jabat Sekretaris Komisi II

DAERAH JAMBI

Wabup Ajak Masyarakat Jaga Kondusifitas Selama Ramadhan di Mendala Jaya

DAERAH JAMBI

Bupati Pimpin Rapat Bahas Pembangunan Jembatan Sungai Nibung

DAERAH JAMBI

Khatib Jumat di Masjid Nurul Ikhlas, Bupati Ajak Sambut Ramadhan Penuh BERKAH dengan Hati Gembira

DAERAH JAMBI

Wabup Hairan : Pemkab Tanjabbar Matangkan Persiapan Pelaksanaan MTQ

DAERAH JAMBI

Bupati Launching Batik Khas Tanjabbar yang Wajib Dipakai ASN

DAERAH JAMBI

UAS : Cetak Sawah, Berobat Gratis, dan Hidupkan Penampungan Ikan